Sleepy child at Rainy day
Harus ada Hujan sebelum ada Pelangi
23 January 2006
8 st Day in KOMPAS
Bangun jam 9. Ngantuk semalem abis nonton Bola. Telat ? tentu tidak, kan gak da jam masuk. Cuma belum tau hari ini mau liputan kemana. Jadi gua dikatakan telat kalo nanti ada liputan jam 8 gitu.
kekantor. Udara diluar dingin, sedikit ujan. Buat kepala pening. Orang-orang desk belum pada dateng.


Nyampe kantor isi absen, liat jadwal liputan hari ini. Ada 3 untuk ekonomi. Kayaknya yang diambil cuma 2, yang mo gua ambil yang ke DPR aja nih, jam 14.30 Gua pengen jajal masuk DPR, gedung rakyat yang banyak dosa itu. Sama gatot. Jadi pagi ini gua ngetik aja. Ngetik laporan, BLOG, buka email dll.

Nemuin mbak dei mau nanya2 tentang KOMPAS, anak PKL dll, disuruh nanya ke lantai 5, ke bagian Diklat. Ketemu orang-orang desk rombongan gitu datengnya.
Di bagian diklat ketemu mas Dana, soalnya mbak inge nya lagi pergi. Penjelasan yang gua dapet dari dia :


Diklat KOMPAS gak ada penjelasan tentang tugas atau job desk dari Pemred sampai reporter, gak ada secara tertulisnya. DIklat KOMPAS gak ada pembimbing khusus anak PKL gitu yang tugasnya training anak PKL. Gua pikir kan ada, jadinya gua bisa ngikutin pikiran KOMPAS dalam nulis berita gitu. Gak taunya itu emang gak ada. DIklat KOMPAS cuma sebagai penerima pendaftaran PKL trus nyalurin ke bagian mana yang diminati. Nanti seleksi akan dilakukan oleh bagian yang dituju. Misalnya gua, diseleksinya oleh orang redaksi. Diklat cuma penyalur aja, bukannya mendiklat. Tugas anak PKL gak ada, karena menurutnya KOMPAS nerima PKL tuh sifatnya lebih sebagai kegiatan sosial. Jadi bukannya kebutuhan KOMPAS pada tenaga PKL (karena disini semuanya udah lengkap) lalu menempatkan anak PKL untuk diperbantukan di bagian ini-itu atau yang sifatnya teknis sekalian, tapi lebih ke membantu anak PKL untuk belajar praktek aja. gak lebih. Makanya gak ada training untuk anak PKL.

Selebihnya dia nyaranin untuk ke redaksi aja lagi.

Di redaksi, nanya mbak dei lagi. Tentang job desk itu. Gua butuh untuk laporan PKL. Dia nyuruh gua ke diklat untuk nanya2. LHA ? dioper lagi.

Gua mau tau sebatas apa anak PKL di perkenankan "maen-maen" neglilingin KOMPAS ini. Dia nyuruh gua nanya ama sekretaris redaksi aja, mbak retno. Mengenai bagaimana seleksi anak PKL (gua pikir itu butuh kalo kelak ada yang mau kesini lagi nti pasti nanya ke gua) kata mbak Dei itu berdasarkan IPK (gua bingung kok IPK gua keterima ya?) ama kondisi redaksi, kalo sepi event dan kira-kira lagi gak banyak kesibukan, diterima. Udah gitu juga diliat dari universitas mana. Kalo dari univ mustopo ama IISIP katanya gak bisa, soalnya udah kebanyakan/keseringan anak PKL dari sana. Katanya untung gua minta bulan januari, kalo juli - september kemaren gak bisa, lagi sibuk.

Sibuk disini artinya misalnya lagi ada event apa gitu, kayak pemilu atau piala dunia, dimana banyak wartawan yang fokus kesana, jadinya kantor kosong. Dan itu gak bisa nerima PKL. Nah kan gua bingung, bukannya saat kantor kosong itu waktunya butuh tenaga kerja gratis ? but in KOMPAS, NOT.

Gak lama mbak retno keluar ruangan, abis rapat. Nanya-nanya. katanya gua bisa ke desk karikatur, ataupun ke percetakannya sekalian, asal ada yang nemenin. Mengenai job desk itu nanti sore, wawancara ama dia. karena dia mau rapat lagi.


14.30 Berada di gedung MPR/DPR. Gua masuk ruang rapat komisi V. Ngedengerin serikat karyawan garuda indonesia yang mengeluhkan manajemen perusahaan yang buruk. Yang udah mau ngejual garuda indonesia. Mereka bilang kalau manajemen yang sekarang itu kacau. Bukannya merampingkan perusahaan supaya efisien, ini malah nambah pos gak penting. kaya nambah penasihat direktur utama, yang menurut mereka kurang berguna. Sementara yang ngisi pos-pos tersebut yang orang-orang mereka.

dii... ini orang-orang yang sering gua bayangin adalah para koruptor itu. Berjas, berpolitik, ribut kayak anak kecil sementara kemampuannya biasa aja. Dari cara mereka rapat aja keliatan sama kayak pejabat daerah. Sambil rapat masih bisa ketawa-ketawa gak penting. Trus yang dateng juga cuma beberapa orang, padahal ruangannya lumayan luas, jadi masih banyak bangku kosong. Trus makanan yang dikasih, nah ini yang sama kaya di kampus. cuma gorengan ama lemper tambah aer mineral segelas, merknya ades. Mirip kan ama dikampus?

Ruang rapat komisi V itu apek. bau kaya jok kelamaan gak dijemur gitu. Kaya ruangan rumah tua, Trus gak lama gua liat ada kecoak satu mundar-mandir iiiy... pas balik juga ada satu didepan pintu lagi, mati abis ke injek, tengkurep.

Nyampe jam 5, rapatnya selesai. wartawan yang ada udah pada pergi dari tadi, bosen kali ya. Di gedung nusantara 1 malah banyak banget wartawannya. Ngantuk dengerinnya. Kesian juga kalo sampe dijual, karyawannya pada dipecat. Katanya perusahaannya itu perlahan-lahan dimultilasi, trus kalo udah murah, baru dijual ama asing. Kayak indosat. Bego yah pemerintah, udah ngejual indosat 5 T mau dibeli lagi 15 T. Kan aneh.

Hmm rgedung rakyat yang selama ini hanya bisa gua liat dari jauh. Isinya begini. Gak ada kesan elit. Mungkin bentar lagi bakal banyak yang runtuh. TRus kalo mau di renov, pasti gak awet, yang di jalan aja direnov gak bener apalagi yang di"sarang" mereka sendiri. Jangan-jangan anggota dewannya ngorup batu bata pas lagi direnov nya, pasir, semen pada dibawa pulang ampe tukangnya bingung tiap ari ada bata ilang. Apa mau pake cara narik sumbangan dari orang-orang yang lewat digedung MPR ? sumbangan kayak dikampung2 waktu ada pembangunan masjid itu. hahaha.

Baliknya, kena ujan. DIkit lagi nyampe KOMPAS turun ujan gede. GEde banget. Angin. Gua mau lari aja gak bisa, kaya mau kebawa angin. Katanya ada tiang listrik rubuh.
Jam 1/2 6 nyampe kantor. Basah. Gak enak. sepatu basah. Huh, lagi-lagi pake celana ini, kayaknya emang bener celana pemanggil ujan deh. Tiap pake celana ini dijakarta gua pasti ada momen kena ujan. KEpala ampe sakit, pening, kena ujan.

Ke desk, rapat. Surat dari ema udah dateng. Dibanting-banting ama andi suruji. Kepala desk. KAtanya "apa-apaan universitas kamu itu ngirim beginian aja. PRogram kerja ? masa aku lagi yang disuruh buat program kerja buat kamu, nambah-nambahin kerjaan aja"
pas gua liat surat itu. Menurut gua itu emang harus diisi ama perusahaan tempat pKL dong. sama tim PKL nya, masa mereka gak punya program buat anak PKL? waktu gua mau baca lagi, kertas itu ditarik ama andi suruji, sambil ngomel2, diliat lagi bentar trus dibanting lagi ke meja.

Emang tipikal andi suruji tuh begitu, kalo orang yang udah kenal ama dia mungkin maklum. Cuma tetap aja gak enak denger dia ngenye2 kayak gitu. Sebenernya salah siapa sih ? gua pikir kan dari KOMPAS nya yang nyusun jadwal anak PKL, jadi gua tinggal ngikutin aja. Masa mau gua yang buat program untuk gua sendiri disini ? emang begitu kah ? jadi gua buat program, apa yang mau gua kerjain, apa yang mau gua capai, begitu ? gua gak tau! karena dari awal gua pikir ya dari kompasnya, jadi gua gak pernah mikirin itu. APa yang mereka tugasin bakal gua kerjain (kecuali nyebur jurang dll semacamnya) Bingung gua. Pertanyaan dasarnya dari dia "universitas kamu itu ngarepin kamu disini tuh dapet apa ? mencapai apa?"

hmm...gua langsung ngebayang gambaran FISIP yang SEBODO gitu. Kayaknya kalo targetan gitu, tergantung gua disini deh. Gua ngeliat disini tugasnya apa, nah baru gua bisa ngira-ngira bakalan naek level dibagian yang gimana. MIsalnya mereka nugain gua melihat kerja wartawan, gua bisa minta lebih dengan ikut menjadi wartawan beneran. BEgitu kan ?

Jadi pada dasarnya, KOMPAS itu nerima anak PKL memang bukan berdasarkan kebutuhan, tapi lebih yang SIFATNYA SOSIAL. PKL itu bakti sosial bagi mahasiswa untuk mengenal kerja wartawan. Jadi mereka yang gak minta lebih dan gak mau memberi lebih. MEreka bingung mau ngasih nilai karena bagi mereka, mereka memberi gua kesempatan PKL disini untuk belajar jadi wartawan, bukannya mau membimbing gua trus ngasih gua nilai berdasar apa yang gua kerjain. gitu.

Gua bingung ketika dia nanya program kerja gua untuk PKL. Nanya proposal gua atau surat yang gua ajuin waktu pertama daftar kesini. Hmm..kalo mereka gua kasih surat itu pastinya tambah bingung, nti tambah kacau lagi. Soalnya disitu gua nulis PENGEN DI LITBANG. Hmm...gua mutusin kayaknya gak bakal gua kasih deh. Gua ngarepin nanya dari anak-anak aja. Akhirnya gua nanya mbak retno. Dia juga bingung. Di KOMPAS hanya akan memberi surat keterangan bahwa gua pernah PKL disini, bukan penilaian begitu. Katanya nanti gua aja yang buat laporan, nanti di cek ama kepala desk, setuju, baru fix. Nah, kalo begini kan enak, gak perlu ampe banting kertas segala ?

Dari situ gua dianterin ke desk karikatur. Oh-o.. desk ini namanya artistik/design. Ada tiga bagian, yang karikatur, artistik (penempatan foto ma tulisan) sama infografis. Sebelah desk ini ada desk foto. Ngobrol lama sama koordinator infografik. SADNOWO. nanya2 semuanya, dan dia bisa ngejelasin semuanya. Gua nanya urutan berita dari reporter, tentang KOMPAS, tentang aturan-aturan dasar layout kompas dll. Dia ngejelasinnya enak. "ada lagi yang may ditanya ?" hehe...aktif banget. Gua ngeliat orang yang lagi buat gambar untuk opini. Caranya digambar make tangan trus dikelir, trus di scan. Kata mereka maksud gambar itu biar pembaca mikir, apa kaitannya dengan tulisan. O-ho mungkin kamu gak tau kalo banyak penelitian untuk menginterpretasikan gambar itu.

Uh, nanya apa lagi ya tadi, banyak sih. Ada buku gedenya panduan standar layour, gua baca bentar waktu sadnowo itu rapat. Tulisan kecil dibawah buku itu "rahasia". Isinya tentang aturan desain halaman KOMPAS. Kayak model huruf, jarak, ukuran gambar, dll.

Gua gak bisa lama-lama, coz badan guaa gak enak. Mana baju ples sepatu masih basah abis keujanan tadi. Gak enak rasanya. Balik aja. Om pit nyuruh nyari majalah TEMPO minggu kemaren. Gara-gara dia bilang kalo kualitas jawa pos tu begitu. Mungkin dia takut keceplosan, jadinya gua disuruh liat sendiri.

Balik. Tidur. Badan gak enak, mana kamarnya AC lagi.

posted by Jana @ 12:05 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: Jana
Home: bandarlampung, Lampung, Indonesia
About Me: Huaahaha, fotonya serem ya? ini lagi jajal helm model tengkorak di emol.
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox


ShoutMix chat widget

Links
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER