Sleepy child at Rainy day
Harus ada Hujan sebelum ada Pelangi
17 January 2006
2nd Day in KOMPAS
Pagi ini gua langsung menuju Hotel bumi karsa untuk meliput acara seminar. Acaranya dijadwalkan jam 8. Pagi itu mendung. Bangun jam 1/2 7 dan berangkat jam 7 kurang. Menempuh jalur baru yang kemaren dijelasin sama mas Gatot. "kamu lurus aja naek M11, trus nyebrang naek P6, nyampe pancoran, nah gedung hotelnya disini" begitulah petunjuk dari wartawan yang akan saya "tempel" hari ini.

Dan saya sampai di hotel itu pukul 07.38 (setelah sebelumnya hampir telat turun dari Bis. Telat dikit, Bis itu bakal naek jembatan layang dan entah akan membawa gua kemana...) Dari gedung keliatan patung pancoran. tau gak patung pancoran ? nanti deh gua jelasin, gua juga baru tau kok, kalo itu disebut patung pancoran dari petunjuk kemaren.

Mas Gatot kena hujan. Dia nelpon jam 09.03. katanya gua disuruh ngeliput aja duluan. Dia dikantor kebasahan. Waduh. Bingung nih. Gua mana ada yang kenal ama orang-orang itu. Tapi kalo itu jadi alasan gua, wartawan emang gak harus tau sebelumnya, jadilah gua nanya2 aja. Siapa orang-orang pening didepan (penting ? atas dasar apa mereka disebut penting ya ? dengan teori oposisi biner, kalo gua bilang mereka "penting" artinya gua adalah "gak penting". gitu ? sama aja kali saat nyebut mereka orang-orang elit, kelas atas, lalu kan itu artinya gua bilang diri gua "orang bawah", lha ? emang penting gitu mereka bagi gua ? GAK! jadi enaknya nyebutnya apa ya? bos-bos ?)

09.14 Gua masuk kedalem, setelah sebelumnya minta ID "PERS" dan ngaku kalo gua dari KOMPAS (hmm...). Dikasih Map bagus Gede berisi materi seminar ma Press release tentang acara itu (jadi inget kuliah hasan b**ri ...ichk...)

Dan gua beradaptasi. Ngobrol2 ma fotografer dari EO acara itu, namanya Papung. Acara dimulai 09.30 dengan soundtrack "you raise me up".

Gua nyatet2 kayak notulen di HMJ dulu (thanks HMJ Kom!). Didepan gua ada Aqua yang udah bekas diminum setengah (merknya bukan aqua) tatakan gelas 2, ma gelas satu. Ada juga mangkok kecil berisi permen. Gua makan 2, 1 gua tilep bawa pulang buat chan. Soalnya di bungkus permennya ada tulisan "hotel bumikarsa" kan oleh-oleh tuh hehe...

1/2 11 mas Gatot dateng. Kata dia informasi2 kecil kaya nama-nama undangan, moderator, dll itu gak penting. Kita harus nyari isu penting dari acara ini. Buat berita jangan cuma dari acara, tapi harus punya isu juga dari kita sendiri. Hmm.. gua belum pernah belajar ini. Setau gua bikin berita acara ya laporan kegiatan gitu aja.

Jam 11 Mas gatot wawancara Martias, ketua umum APKINDO (yang ngadain seminar itu). Ketemu Wartawan Jakarta Post, Antara, ma TVRI (Oh, TVRI, ngeliatnya aneh, ada pandangan meremehkan gitu. Rada ngotak juga sih nanya "Ni darimana, saya mau wawancara" kesannya gua ma Mas Gatot ngeganggu gitu) udah beres wawancara, jalan ke Gedung Garuda. Jalannya jauh juga.

Nyampe sana acara udah selesai. Acara Penyerahan Nota kesepakatan PT Garuda Indonesia dan PT Kereta Api Indonesia. Kerjasama gitu deh, gua juga kurang ngerti apa yang dikerjasamain, bukannya mereka perusahaan pemerintah yang harus emang sebaiknya kerjasama ?
oh-oh, diacara ini ada makan-makannya. Jadideh gua makan siang gratis... hehe... yah, u know me.. kalo udah laper. Sempet bimbang juga mau ngambil banyak apa dikit, cuma yah, GUA MENCOBA MENJADI DIRI GUA SENDIRI saat itu hew hew hew....lumayan ada kayak es kelapa ma puding gituh.

Balik. jalannya jauh. sempet ketiduran di mobilnya mas Gatot, tau ni dia gak terlalu ramah. Kayaknya emang orangnya begitu. Apa tidur gua itu masalah bagi status gua, "anak PKL" yah ?entahlah. Di kantor, gua naro tas. Wuih, merasa udah jadi karyawan gitu, kayaknya udah nyaman naro tas, duduk, nyalain komputer, nyapa2 yang gua kenal, dan mulai ngetik laporan hari ini untuk didiskusiin ama yang laen nanti. Sekalian buka2 email, ama ngetik BLOG ini ! hehe...

16.27 WIB
abis ni gua mau rapat redaksi. tau ni malem ini balik jam berapa. Sepatu masih anyep2 gitu. Oya tadi ema sms, katanya dia abis kecelakaan, 2 jaitan. Oh, kenapa kamu mak?

oeaeooo....
Tulisan gua tadi di koreksi ama Om pit. Di koreksi. hmm..entah kenapa, mungkin dia hanya sebatas mengoreksi kesalahan redaksional. Gua merasa heran, kenapa cuma dikit yang dikoreksi. hanya beberapa kata. gak ada coretan menyeluruh atau perombakan. Masih parah rombakan editor waktu gua ngetik channel kom dulu kayaknya...:pTrus dia juga bilang, "udah lumayan, angel lu udah bagus" hehe. Mudah-mudahan itu bukan pujian basa-basi. Gua merasa lebih baik kalo itu berita di coret2 gitu, jadi gua gak berharep kalo bakal di terbitin besok-WUIH!-

Jam 5 tadi rapat redaksi. Gua hampir telat. Lagi asik baca koran KOMPAS hari ini di "meja kerja" gua. Jam 5.05 tadi gua liat rapatnya belum mulai, keasikan baca koran, ampe 5.20 eh udah mulai. Jam 6 rapat selesai tanpa kata selesai. MAs Gatot gak ada. Besok gua ikut siapa ya.Abis rapat nanya2 ma Om dis (kepala desk). kata dia kalo gua udah bisa buat berita sendiri (dia belum liat beritanya) gua udah bisa liputan sendiri. Duh kan gua gak tau jakarta ? "kita gak harus tau irian kalo mau ngeliput irian kan ?" kan gua bingung. Tapi asik juga sih kalo bisa begitu. Tawaran yang gak gua tolak juga gak gua iyakan. Tunggu nanti malem(lagi-lagi)untuk nentuin gua besok pergi sama siapa, kemana. Kayaknya bakal dikasih jalur baru lagi nih. Moga2 besok gak nyasar.Dia nyuruh buat jurnal mingguan aja.

Tadi jam 1/2 5 gua ke lantai 5, nanyain tentang jatah mingguan gua. Gak enak sih, masih magang gini, kesannya nagih gitu. Tapi untungnya orang yang ngewakilin mbak inge (mbak inge nya udah pulang) ramah dan berjanji kalo besok bakal di urus. Tapi dia gak nanya gua siapa. Katanya dikasihnya perminggu gitu. Whoa Mudah-mudahan...amin.

Gua merasa karyawan disini. gak ada pandangan2 aneh ngeliat gua maen komputer gini. Kayaknya mereka tau deh, cuma gak mau ngomong aja. Soalnya meja gua beda, kosong gak ada kertas bejibun kayak meja2 disebelah gua. hmm meja ini yang bakal gua rindukan. Gua bingung, mau nanya2 lagi ma wartawan yang laen, cuma kayaknya mereka lagi sibuk dan gua penat nih. Pengen balik cuma sayang diongkos. 4000 kalo mau pulang dulu. Abis mau kemana ya ? disini aja ngetik-ngetik gak penting. Mo bantu, bantu apa coba ? semua orang sudah menguasai bidangnya masing-masing. Mengatasi masalahnya sendiri. terus gua mau ngapain ? mungutin sampah ? ngobrol2 dengan mereka ? oya, tanya2 pengalaman aja kali ya.

Ntar lah, masih penat nih. Leher gua pegel. Ngantuk juga. Oya, enakan nanya2 pengalaman aja kali ya. Bisa ngalir lancar. ah udah ah, posting.Mungkin dengan menjadi wartawan, impian gua untuk keliling Indonesia bisa menjadi kenyataan.

Pengen nelpon Bulan.

(Bulan tadi jam 08.57 nyampe di Stasiun Cirebon. 09.24 Nyampe rumah nenda. 2 hari disana terus mau ke jakarta lagi kayaknya. Semoga dia selalu bahagia. Dan tetep tembem hehehe...)
posted by Jana @ 4:04 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: Jana
Home: bandarlampung, Lampung, Indonesia
About Me: Huaahaha, fotonya serem ya? ini lagi jajal helm model tengkorak di emol.
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox


ShoutMix chat widget

Links
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER