Sleepy child at Rainy day
Harus ada Hujan sebelum ada Pelangi
19 January 2006
4 th day in KOMPAS
huaaah....badan gua lemes...sumpah...gua merasa ancur banget disinih...mungkin baru tiga hari aja kali ya... suasana kerjanya emang santai, tapi itu antar mereka aja.
Gua merasa gak bisa nyaman dengan diri gua sendiri.

Gua gak bisa seperti diri gua yang asli disini. Gua bingung mau ngapain! Serba bingung. hak gua, wewenang, tugas, dll. Gua harus terus inget mimpi gua, harapan temen2 gua, pandangan mereka, gua bertanggung jawab untuk berhasil disini! Bertanggung jawab terhadap mereka yang udah percaya ma gua, gua harus menjadi seperti apa yang seharusnya !

Gua beruntung masuk PKL disini, dan gua tidak boleh hanya merasa beruntung terus menerus.Di KOmpas Memang gak ada tim PKL seperti yang gua bayangkan, pembimbing PKL seperti yang gua kira, yang mau ngurusin hari-hari gua disini. Tidak ada.Yang ada adalah suasana kerja yang santai namun memegang tanggung jawab dan beban yang berat. Irama jurnalistik KOMPAS yang harus gua lihat, pelajari, dan pahami, lalu ikuti.

Gua gak bisa cerita sama siapa-siapa disini. Gua bingung. Mau minta pindah cuma itu bukan solusi. pertimbangannya gini. Disini gua cuma 2 minggu. dalam 3 hari pertama gua harus secepatnya beradaptasi, sekuat-kuatnya gua beradaptasi. Kenyatannya sulit juga. Gua merasa tertekan. Dan itu tidak baik.

Jadi kurang produktif. Kalau minggu depan (dalam satu minggu berikutnya) gua minta pindah ke bagian laen, lay out misalnya. Dengan alasan waktu yang terbatas tidak akan memberi gua apa-apa kalo hanya di desk ekonomi. Gak tau bagus apa gak. Sebenarnya sama aja. 2 minggu di ekonomi juga gak akan memberi gua banyak hal, kecuali kalau apa yang sudah gua dapet ini bisa gua anggep banyak. Jadi gua pikir lebih baik dapet sedikit ditempat yang banyak gitu. Itu pembenaran gua kalo mau minta pindah. 2 minggu di desk ekonomi kalo tiap harinya begini ya seperti rutinitas saja. Bukan program anak PKL. Gak ada peningkatan.

Hari ini gua ke kantor pagi. Sepi. Ada mas Ardian aja. Nanya2 gua bisa ngerjain apa. Sama dia ditanya hari ini mau kemana, kalo mau liputan, pelajari dulu apa yang akan diliput nanti. Jadilah gua baca2 koran, buka internet tentang impor beras. sampe jam 11 balik ke kosan andi. Si Agus katanya mau dateng kesana. mau nganterin ke ragunan, ke departemen pertanian. Beli kaos kaki di pasar palmerah. Kaos kaki yang gua pake udah kotor, yang lama belum beres dicuci.
Nyampe kosan andi tidur2an. Terus berangkat bareng agus. Nyasar2. Sampe naek mobil 5 kali baru nyampe deptan, ragunan. jam 3 pas. diskusinya udah selesai. Mas maryotonya udah pulang (dia balik 1/2 3). Hmm gua malah jalan2 ma agus ke ragunan (nanti ceritanya gua tulisin deh) Balik dari sana naek mobil 3 kali. Nyampe pasar palmerah ujan. Gua lari-lari, udah mau nyampe Kompas baru inget, kayaknya tadi sambil lari gua megang ID kompas ? gua pereksa, gak ada.

Kemana ID 706 itu ? gua cek ditas gak ada. gak mungkin tadi gua lari2 sambil megangin ID. Duh...mana gua make sendal jepit gini..(gak tau melanggar apa gak, soalnya gua gak dikasih aturannya. Cuma asal rapih dan bersih aja kata mbak inge) Nyampe lantai 3 gua pereksa lagi tas. Gak ada. lapor ke resepsionis lt 3, gua dikasi id baru. masuk, aha, mas osa berkata "jana..keujanan". Tumben ada yang mau negor. Rapat redaksi baru saja selesai. Gua merasa mengalami penurunan, ketinggalan rapat.

Nanya mas maryoto, rencana gua mau diskusi ama dia aja tentang impor beras ma hasil diskusi tadi. dia bilang nanti dia aja yang buat berita. Gua minta materi diskusi, katanya gak ada. sekali lagi dia ngomong, nanti dia aja yang buat berita. yah...ngomong apa tah yang laen jangan mutusin begitu aja.


Ngasih berita yang kemaren sama Om pit. lagi-lagi cuma dikoreksi logikanya aja. gak ada perubahan paragraf. padahal berita itu bagi gua ancur banget. gua coba jelasin kalo tadi gua telat dan gua bingung gimana bikin berita untuk hari ini. dia malah bilang kayak kemaren "itu makanya jadi wartwan jangan telat" gua gak bisa lebih lanjut jelasin kenapa tadi gua telat dan diskusinya udah selesai. Dia bilang gua buat aja berita tentang tema diskusi tadi sebisa gua.

............

GUA GAK TAU SISTEM DISINI NIH GIMANA SEEEH! GUA TELAT TUH KARENA GUA GAK TAU DIMANA ITU RAGUNAN ? LALU GUA DISALAHIN GINI ? GUA MASIH NGEDROP GARA-GARA ID ITU ILANG. LALU ORANG-ORANG DISINI GAK ADA YANG RESPEK. WHOIIII...GUA GAK ADA TEMEN DISINI

..........

gua kangen sama dunia gua yang sederhana...sama hari-hari biasa yang gua jalanin...nelpon bulan, ahaa bulanku lagi bt yah ? mana suara teleponnya katanya kecil dan suasana rumahnya lagi berisik banget. gak nyaman.nelpon opi. whoaa.. dia di acc, dan mau nelpon gua juga ternyata. Hehe... gua butuh pendapatnya, she knows me better...selanjutnya melanjutkan ketikan tugas berita gua. Nah kalo begini, bahannya ada, trus gua juga bisa lebih memahami keadaan yang ada jadi nulisnya lebih enak.

(mencoba terus memotivasi diri sendiri)

oya, hari ini gua ngdonlod yahoo messenger, hehe jadi bisa chat dah! hehe
posted by Jana @ 9:05 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: Jana
Home: bandarlampung, Lampung, Indonesia
About Me: Huaahaha, fotonya serem ya? ini lagi jajal helm model tengkorak di emol.
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox


ShoutMix chat widget

Links
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER