Sleepy child at Rainy day
Harus ada Hujan sebelum ada Pelangi
07 February 2009
Ini tentang kematian

Siang, tgl 4 februari 2009, pukul 13.05 saya dapet sms, berita duka, ayahnya sherry meninggal. Setelah beberapa bulan melawan kanker, akhirnya beliau menyerah, meninggalkan keluarga tercinta di dunia. Secara psikologis saya memang tidak begitu dekat dengan beliau. Yang bikin saya sedih itu ngeliat, ngebayangin sherry dan keluarganya yang ditinggal pergi. Ngeliat sherry melanjutkan hidup tanpa ayahnya. Ngeliat Mamanya sherry yang ditinggal suami.

Suami memang teman hidup paling dekat bagi istri, seseorang yang selalu ada dalam susah dan senang. seorang teman berbagi.teman betengkar.tempat mengadu.segala hal.semuanya. Sekarang semua harus dilalui tanpa ayah, tanpa suami. Saya sebagai orang yang ga peka, susah mau ngebayangin hidup jadi mereka.

Begitu dapet kabar, siang itu saya langsung ke rumah sakit. Jenazahnya sudah didalam mobil akan menuju rumah. Saya melihat sherry tampak biasa aja. Padahal sepanjang perjalanan ke rumah sakit saya sudah menyiapkan diri untuk menguatkan keluarganya. Syukurlah dia tampak sudah bisa menerima. Jadi tidak ada jerit tangis dari sherry dan mamanya. Kalau itu ada, saya akan bingung harus gimana. Malah sherry yang balik nenangin waktu saya gatau mau ngomong apa trus cuma bisa ngebut pulang nganter dia.

Dari rumah sakit ada jaka dan ronal yang ikut ngelayat. Heru menyusul ketemu ditengah jalan. Tak lama dateng temen2nya sherry, etris, miu, ibnu, devi, linda, wiwit, dan cui yang terakhir. Jenazah tampaknya akan di makamkan sore ini. Sementara masih menunggu keluarga dari Medan. Sambil menunggu, sambil mengobrol dengan heru, ibnu dan jaka, saya mulai merasa aneh.

Pertama ketika melihat orang-orang yang datang melayat. Kenapa mereka-mereka yang datang, berkumpul, lalu kebanyakan mengobrol sampai tertawa-tawa? apakah kematian sudah menjadi hal biasa bagi mereka? bukankah mereka juga pasti pernah ditinggal sanak saudara? bukankah mereka juga tau rasanya ketika orang terdekat direnggut kematian? Pertanyaan yang tidak perlu dijawab tapi hanya perlu direnungkan saja.

Sudah hampir jam 4 sore, pelayat bertambah ramai, tapi dimana teman-teman saya? teman-teman sherry yang lain? Kok sudah hampir 3 jam tapi belum ada lagi yang datang? (mencoba berpikir positip) mungkin sebentar lagi.

Skitar pukul 5 jenazah mulai diarak dan dibawa ke pemakaman didekat rumahnya. Meleset dari dugaan saya lagi, tidak ada raungan atau jeritan menyayat hati saat jenazah dikubur. Selamat jalan ya om, semoga lapang jalan menuju surga..

Kemudian saya ditemani jaka dan heru pulang menuju rumahnya sherry. Saya masih bertanya-tanya, kenapa yang dateng cuma segini?? kenapa mereka-mereka yang menurut saya -sih- kenal sama sherry, sering beraktifitas bareng, yang seharusnya bisa dateng sekedar menyampaikan bela sungkawa (kalopun abis itu pulang, TESERAH) tetapi tidak datang?

Pertanyaan ini tentu banyak jawabannya sesuai dengan isi kepala masing-masing. saya hanya menyampaikan rasa kecewa aja. Sekecewa ketika tadi siang ada yang sms, "ada siapa aja disana?" (trus yang nanya ga dateng)

EMANG INI MAU JALAN-JALAN APA? NUNGGU RAME DULU BARU DATENG? GITU? *menahan diri untuk tidak memaki lebih jauh*

OK. hari pertama mungkin pada ga sempet. hari kedua, yasinan/takziah/atau apapun itu, ternyata itu-itu aja yang dateng. tanda-tanda volume otak semakin menyempit. Tanda-tanda kematian memang sudah menjadi hal biasa.

Ok. hari kedua mungkin emang sepi. karena kata orang sih, rame tuh biasanya hari ketiga, ketujuh. Hari ketiga lagi, ternyata malah tambah sedikit yang dateng. Gua ditanya tuh sama tetangga nya sherry yang juga temen SMA, "mana temen-temen kuliahnya?" pengen banget gua
meluap-luapkan apa yang ada dipikiran saat itu.

"positip thinking aja, kali aja mereka sibuk.ga sempet dll" ya ya ya. 3 hari yang sangat sibuk. 3 hari yang melelahkan sehingga ga sempet dateng ya? 3 hari yang ngebuat gua nyadar akan sesuatu. Trus kayanya gua tau salah satu alesan kenapa mereka ga dateng, dan kayanya itu beneran jadi alesan, ngebuat gua bener-bener marah.gua bener-bener ngerasa pengen muntah. alesan ini gua dapet waktu orang itu keceplosan ngomong. entah bener, entah enggak, tapi ini orangnya langsung yang ngomong tentang kesibukan dia beberapa hari terakhir termasuk waktu hari rabu. alesan yang sangat menyedihkan. menyedihkan bagi moral kemanusiaanya. menyedihkan karena harus membuat gua mempunyai pandangan 'begini' sama dia. cih.

Teserah lu pada dah, udah pada gede, mau marah? MARAH SANA! gua JUGA MARAH SEKARANG! MAu KESEL? KESEL SANA! SEMOGA MASUK SURGA LU PADA! jadi gua ga nyesel.jadi gua ga dosa.
posted by Jana @ 8:06 PM  
1 Comments:
  • At Monday, February 09, 2009 11:33:00 AM, Blogger ea_12h34 said…

    like i said jan, kesadaran, klo mereka gak sadar yah lu tau lah harus bersikap da berfikir gimana. asal kelakuan ini gak mempengaruhi kelakukan lu ajah jan, tetaplah peduli jan... like i always see on you :)

     
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: Jana
Home: bandarlampung, Lampung, Indonesia
About Me: Huaahaha, fotonya serem ya? ini lagi jajal helm model tengkorak di emol.
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox


ShoutMix chat widget

Links
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER