Sleepy child at Rainy day
Harus ada Hujan sebelum ada Pelangi
05 September 2005
Ketan -Ku..
Setelah nyari-nyari foto yang layak, nge-crop, nempelin, dan mengevaluasi (seeh !) berikut ini dapat anda lihat hasilnya ! Foto-foto ketan saya, si ade ketan.

Seseungguhnya sulit untuk membuat profil tanpa ada penggalian data yang mendalam, waktu yang cukup untuk mengumpulkan memori tentang orang tersebut, dan pengamatan yang kontinyu… Tapi apaboleh di kalimat, demi selesainya tugas ini malem, gua harus bisa mengingat sebanyak mungkin yang gua tau tentang manusia satu ini… and the story goes..

Nama lengkapnya ade suryani. Lahir 25 November 1984. Zodiaknya Capricon. SD di Persit. SMPnya SMP 2 bandarlampung. SMA nya juga 2. Masuk jurusan Komunikasi di Unila. No urut 1. Sesuai konvensi sosial yang ada saat itu, resmi lah ia sebagai ketua angkatan tidak resmi (untuk selanjutnya tentang kisah dia sebagai ketua angkatan akan dibahas pada Bab-bab selanjutnya)
Alamatnya di *** (alamat ada pada pengurus HMJ) gak suka warna Oranye katanya sih “norak”. Suka mematching kan pakaian dengan segala sesuatu. Misal yang paling sederhana, matching antara warna sepatu dengan warna baju. Apa gak, matching antara warna baju dengan warna cet HMJ, matching antara warna baju dengan warna pelangi Jreeng ! jadilah es-ADE-paddle pop pelangi, atau kadang matchingin antara baju dia ama baju gua… kan gua repot !? (Ehem…)
Menyukai hal-hal ringan. Dan suka menertawakan hal-hal ringan. Seperti kapas.

Pertanyaannya, kenapa saya harus repot-repot nulis beginian ?

Jawabannya tentu sangat subjektif sekali. Karena ade itu….. hue hue tentu anda tidak akan saya beri tahu, rahasia dong hek-hek-hek –ketawa licik-.
YA MAU-MAU GUA DONG ! INI KAN BLOG GUAH! Udah ? ayo lanjutin bacanya…

Lanjutin geh…ya… jangan marah dong… iya deh…nti gua kasih tau… n-a-n-t-i ya ?

Kisah kasih (theile…tengil) gua dengan Ade dimulai sekitar september 2002. saat itu merupakan tahun yang indah karena gua berhasil menamatkan studi gua di sekolah menengah dengan nilai akhir yang cukup bagus –Heitsjc, sori berhubung keberhasilan tidak bisa diukur patok dengan nilai baku, maka Ralat !- dengan kondisi psikologis dan kemampuan akademisi-empiris yang mencukupi untuk orang seumuran gua dan bisa dibilang gw cukup siap menjadi calon mahasiswa(wheii… “dalem” bahasanya)

Selain berhasil lulus dengan indah, di tahun yang sama Janarius sandy berhasil menembus persaingan ketat Seleksi penerimaan mahasiswa baru(SPMB) dengan tingkat perbandingan 1 : 20 orang(bahkan waktu itu ada isu kalau perbandingannya mencapai 1 : 40, bo’ong kali ya ? masa tinggi amat ? itu kan artinya gua berhasil menyingkirkan 40 orang ?) Dan kehadirannya di jurusan komunikasi ternyata mendapat sambutan hangat dari segenap mahasiswa dan pihak universitas, yang langsung berlomba-lomba, saling adu cepat… Dari pihak universitas yang langsung menodongkan STRUK SPP 618.000,- dan dari pihak mahasiswa tentu saja yang menginginkan menjadi anggota mereka. Ditengarai mahasiswa satu ini mempunyai prospek yang cerah dalam masalah mengkloning barang-barang, terutama yang berupa kepingan atau DISC.

Lho, kok jadi riwayat hidup gua dibeberin gitu ?

Yah, gitulah, jadi ketemulah (Ade)TERA sama Jana. Keduanya berlari-lari ditaman FISIP yang ber-BATAKO… bernyanyi-nyanyi, mirip iklan…tumere-tumere…

Intinya keduanya kenalan gitu, susah amat nyampe sini.

Kenapa namanya jadi Ade ketan ? karena ade itu tadi (yang mana ya ? di bagian… lupa ! mending baca lagi yang diatas tadi deh) sesuai konvensi kultur sosial, Ade sebagai pemilik Nomor Punggung Mahasiswa (NPM) 001 secara otomatis jadi Ketua Angkatan. Hehehe, konsep arbitrer berlaku disini. Mau-TIDAK-mau ade jadi ketua angkatan.

Mau tau tugas ketua angkatan ?

Diawal masa jabatannya, si Ade ngurusi masalah-masalah angkatannya yang kebanyakan sih masalah-masalah sepele-gak penting-tapi-dipaksa-keliatan-penting. Misalnya ngurusi Fotokopian atau jadi sumber informasi, misalnya
“de, hari ini guru-guru jadi rapat gak ?” (ya olip… itu sih SMP…)

Atau hal-hal yang cukup pribadi :
“de, si…anu udah punya PAC…cul belum ?”

Atau hal yang berhubungan dengan kuliah seperti :
“de, besok kuliah pake SERAGAM apa ya ?”

Kadang hal yang cukup urgen, yang menyangkut kepentingan angkatan, misalnya :
“de, keakraban nanti bawa kol*r berapa ?”

Yah itulah gambaran hal-hal yang kudu’ diurusin Ade sebagai Ketan untuk kemajuan dan kebersamaan angkatannya. Tugas-tugas yang maha berat tentunya. Mengingat tingkat intelektualitas kawan-kawan hanya sebatas tinggi pohon toge.

Berjalan dan berjalan…(gambaran suasana perkuliahan yang berjalan)

Kadang ade juga merasa cape untuk ngurusi hal-hal sangat penting seperti diatas. Untuk beberapa saat ade suka menangis diam-diam. Karena gak enak ketauan kawan-kawan yang laen, bahwa dia cape jadi Ketan. Saat itulah gua sering merhatiin diam-diam. Dan dalam suatu kesempatan gua berhasil menangkap momen yang pas ! gua mendekati untuk menghiburnya,
“Sudahlah de, jangan bersedih”
“…...” kucek-kucek….ngelap mata
“kalo emang berat banget, ngomong aja ama anak-anak”
“…..” kucek-kucek…megangin mata…
“Kalo mau ngomong ama anak-anak lu mau mundur jadi Ketan, nti gua bantuin deh”
“…..” kucek-kucek…nyari-nyari tisu…
“De, udahlah, jangan nangis lagi”
“…..” buka mata…
“GUA KELILIPAN JAN”

Yah, percaya-TIDAK-percaya, ade memang pernah mau mundur jadi ketua angkatan. Berat kali ya ? dengan kesadaran yang sangat sadar, kawan-kawan tulus ikhlas tidak merelakan ade jadi mantan Ketan. Jadilah Ade menjalani masa-masa ke-Ketan-nya. Rezim ade sebagai ketan tidak runtuh dengan pemberontakan oleh Ade sendiri. Dia pernah bilang “ Jaman gini masih ada ketua angkatan ! “ kalo gak salah di semester 6.

Ade itu orang yang gua kagumin (biasa ja geh…GIGI-nya…)

Kadang gua juga minta saran ama dia. Walau kadang sarannya “Kejam” tapi realistis. Misalnya waktu gua kebingungan nanya tentang tugas kuliah yang kayaknya sih, menurut gua, semacam ngerangkum intisari buku gitu deh. Cuma ya gak ngerangkum seperti biasa. Misalnya anda dihadapkan pada satu tugas tentang sesuatu dan Cuma punya satu buku tentang sesuatu itu. Nah, bingung kan ? Saat bingung ini gua nanya dia. Kata ade “masa ngerangkum, kaya anak SD aja” duar…

Salah satu hal yang menarik yang pernah gua temui begini. Saat gua dipaksa dia untuk ikut nebeng di mobilnya, mau kerumah sakit tuh ceritanya, nengokin Kabid(kepala bidang) gua –yang mengkudeta gua sebagai kabid sebelumnya- yang lagi tekapar. Di sebuah lampu merah, sebagaimana potret wajah sebuah daerah yang disebut “kota” –seperti sebuah keharusan- ada banyak anak jalanan. Ngamen. Ade ngebuka jendela. Jendela mobil. Mobilnya ade.
Seketika senyum sumringah si pengamen. Yang langsung nyodorin tangannya.
Lalu ade berkata “Nyanyi dulu dong…” dan si pengamen yang SHOCK di todong dengan ucapan seperti itu, jadi Salting (pernah gak sih ngeliat pengamen salting ?) berhubung dia masih anak-anak ya dia biasa lagi.

Bagaimana nasib pengamen itu ? apakah ade jadi memberi materi bernama uang kepada pengamen itu ? lagu apa yang dibawakan pengamen itu ? lalu bagaimanakah kisah selanjutnya ? MAMPukah…NANTIKAN….(SANDIWARA RADIOOO)

Nah, ucapan atau tindakan keseluruhan Ade itu yang kata orang disamping gua(atas nama Riski nurahmat), sesama penumpang (huehue) yang juga gua amini adalah:
“gua salut ama ade”

Itu naluri. Gambaran ade itulah. Santai. Gua belum pernah ngeliat orang yang bisa ngeliat segala sesuatu disekelilingnya dengan begitu peka dan jernih. Dia melihat dunia disekitarnya dengan pengamatan yang sederhana namun menjadi sangat menarik ketika ia membicarakannya.
Tanya : apa elu pernah mikirin enaknya jalan nyusurin pinggir trotoar yang warnya item-puti, Iya, jalan di item putihnya aja. Sambil sesekali badan lu limbung, terus nyengir-nyengir gak jelas.
Mungkin bagi orang laen itu “kurang kerjaan”. Namun bagaimana kalau ada orang yang ngganggep itu adalah sebuah kesenangan pribadi ?

Ia membuat dunia terlihat seolah begitu ringan dan hal-hal kecil menjadi begitu menarik. Hal-hal yang sering dilupakan orang. Entah ya, namanya manusia pasti punya kekurangan. Tetapi daripada kita memperbaiki kekurangan, akan lebih baik jika kita memaksimalkan kelebihan kita bukan ?

Apa yang gua gambarin disini mungkin suatu hari bisa ditambahin. Karena untuk menggambarkan apa yang gua dapet dari Ketan gua ini selama 3 tahun lebih ini –sampai gua menulis surat ini- gak cukup hanya seperti ini.

Pernahkah anda mempunyai seseorang yang anda kagumi, hormati dan mempunyai kesempatan untuk bekerjasama dengannya ? untuk benar-benar merasakan kekaguman anda menjadi nyata, hidup didekat anda ? walau hanya untuk berkata kepada anda “gua lagi merhatiin kumis elu, kok aneh gitu?” Pernahkah ? kalau anda pernah, saya juga pernah mengalaminya. Meyenangkan bukan ?

Tentu saja tidak setiap waktu kita selalu mendapat kesenangan. Ada yang harus kita bayar untuk kesenangan itu, ada yang harus kita pertanggungjawabkan untuk hal hal itu. itulah yang mendorong saya untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. Agar kelak, saya bisa memanfaatkan kesenangan ini untuk membangun diri saya, agar suatu saat kelak, saya bisa berdiri sejajar dengan Ade.

Huehue hue…

Mau liat blognya ade ? Klik disini


I’m sorry for my hiperbolic words… Gwew..gwew..gwew...

posted by Jana @ 8:45 PM  
1 Comments:
  • At Friday, September 09, 2005 9:27:00 PM, Blogger ade suryani said…

    jan, hihihihi..gue jadi maluuu.. Aih aih.. ada juga yg merhatiin gue segitunya! Tapi kalo gue perhatiin, gaya cerita lo kali ini, agak ke-kambing-kambingan gituh..(mangsudnya, agak mirip kambing jantan ituh) mulai ngadopsi yah? apa dah terinfeksi?hehehe..
    eniwey, makasih yah dah nampilin satu sisi dari diri gue yang gue sendiri suka gak sadar (ex;kjadian di lampu merah itu gue gak inget sama sekali) Satu hal, jangan berusaha untuk kaya' gue, atau mensejajarkan diri dengan gue.Jadilah lebih dari gue! Elo ya elo, gue ya gue. Dan gue gak mau denger kalo suatu hari lo ngomong "ah, coba gue kaya ade". U know what..Gak ada yang tau tentang gue secara utuh.Dan ada sisi lain yang gak akan gue ungkap ke orang lain. (baca jendela johari yah!)hehehe..
    Asal lo tau..deep inside me, banyak konsep diri negatif!Huahahaha...

     
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: Jana
Home: bandarlampung, Lampung, Indonesia
About Me: Huaahaha, fotonya serem ya? ini lagi jajal helm model tengkorak di emol.
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox


ShoutMix chat widget

Links
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER