Sleepy child at Rainy day
Harus ada Hujan sebelum ada Pelangi
27 July 2006
Cerita tentang waktu di bandung lagi…hehe iya kemaren waktu nulis di surabaya gua udah nulis sedikit tentang waktu di bandung. Nah yang ini gua pengen cerita kronologis perjalanan gua, semoga bisa dinikmati…

Hari ke 3 di bandung adalah hari sabtu. Rencana gua sore ini udah pengen berangkat ke surabaya naek kereta.
Pagi hari janjian chat ma bulan. Di warnet deket Unpas. Hmm lumayan hehe, sampe jam 12. trus ke ultimus dulu. Nge fix-in buku2 kemaren
yang gua pesen, ma nambah 2 buku lagi :p bayarnya nanti pas gua di lampung hehe. Trus ke palasari di daerah buah batu. Naek mobil sekali dari ultimus.
13.00
Waaah…ini sruga buku…gini kali ya gambaran surga gw nanti? (kayak di bukunya mitch albom, five people u’ll meet in heaven, dimana dia ngegambarin kalo surga tu adalah tempat yang kita paling suka…jadi kalo hidupnya suka makan
surga nya ya banyak makanan… )

Sayang gak inget untuk moto tempat ini. karena begitu gua nyampe, waah langsung semangat nyari buku. Jadi lupa deh mau moto. Ketemu penjual yang jual buku2 komunikasi. Waah lebih lengkap dari gramed! Jadi bingung juga mau beli yang mana. Buku-buku yang selama ini hampir jadi ‘mitos’ karena Cuma selalu ngeliat Cuma dari daftar pustaka skripsi orang
-orang… diskonnya lumayan lagi.

Dapet buku2 titipan riski ma udin yang udah agak2 susah nyarinya. Dapetnya di satu toko buku yang lumayan gede dan bukunya banyaaak banget. Waah bisa gak ya gua punya toko buku kayak gini? Pegel dah kalo mau nyari pake mata. Jadi gua mesennya lewat komputer didepan aja. Deket kasir, trus mas-mas nya yang nyariin.
Oya, beli buku disini juga disampulin.

14.35

Beres dari palasari –dengan bawaan yang lumayan berat- gua menuju istana plaza. Si upik ma dina nungguin disana. Agak jauh dari palasari. Naek mobil dua kali lagi. Disan
a ketemuan ma dina yang udah 4tahun gak pernah ketemu lagi. Ngobrol2 gak penting. Gua nanya2 tentang jadwal kereta api.
Dari sana sekitar jam 5 ke stasiun –yang ternyata deket ma istana plaza.
Nyampe stasiun ada pengumuman pake pengeras suara, “keberangkatan ke surabaya pukul 17.05 akan segera berangkat dll” waaah ?

Sayang waktu itu gua gak bawa barang (yang masih di unpas) dan gua belum beli tiket juga. Waktu nyampe di loketnya ternyata tiket untuk
jam 18.30 udah abis dan kereta jam 17.05 sudah segera akan berangkat….akhirnya gua mesen tiket buat besok, dapet jam 7.
Jadilah gua harus menunggu semalem lagi di sini…di bandung yang dingin.. sempet duduk bengong didepan stasiun –setelah melewati beberapa supir taksi dan porter yang
bersemangat nawarin jasanya- mikirin kalo gua bakal minep satu malem lagi disini…padahal planningnya besok pagi udah nyampe surabaya…

15 juli 2006. menjelang malam hari
Malem mingguan deh di unpas. Sempet jalan2 ke Bandung electronic center (BEC) nyari plesdis titipan. Sekalian jalan2+cuci mata. terny
ata deket dari unpas. Baliknya gua Cuma jalan kaki. Makan mi Aceh. Ni foto tiket kereta pas lagi mesen Mi Aceh. Pas balik lagi ke unpas, kebetulan lagi ada acara. Anak2 FKIP unpas yang dari tingkat 2 naek ke tingkat 3 (tahun ke2-ke tahun 3) ngadain acara pentas kesenian tradisional sunda gitu. Jadi semacam praktek mata kuliah kesenian sunda. Masing2 jurusan bikin stand –yang isinya kebanyakan makanan atau hal2 berbau sunda lainnya- dan nampilin kesenian sunda bergantian di panggung yang udah disediakan.

Ada yang nampilin tarian, puisi, kabaret gitu, lelucon, baju penganten sunda, drama dll. Gua gak nonton semua. Nama acaranya “ngabungbang” kalo kata temen gua di unpas, ngabungbang ini dulunya kebiasaan masyarakat sunda. Bujang2 gitu begadangan sambil ngambil aer dari tujuh sumur (yah, bener gak?) semacam acara adat. Cuma sekarang gak perlu lagi nyari tujuh sumur, “kan udah ada ledeng?” –ini kata temen gua itu. Makanya sekarang diadainnya malem2 juga.
Ada satu stand –akutansi- yang ngebagiin makanan2 daerah gratis. Yippie! Hehe ada bajigur, sekoteng (pantes devi seneng yah..) dan kue2 gitu yang gua gak ngerti namanya a
pa, tapi enak. Hehehe…coba di lampung ada beginian, nanti makanannya tempoyak, kemplang, kopi…
Yang rada buat gua sedikit sulit ngikutin acara ini karena semuanya make bah
asa sunda. Dari spanduk, bahasa pembukaan, pas pementasan, obrolan, pokoknya semuanya bahasa sunda. oh betapa egois dan chauvinisnya, gua kan gak ngerti.

Kalo gak salah acara ini sampe jam 1. gia yang besok mau bangun pagi yaa gak bisa ngikutin sampe abis, lagian juga bahasanya gak ngerti2 amat…
Acara malem2 begini ternyata banyak juga yang dateng. Mayoritas memang anak FKIP nya. Yang kebanyakan sih kalo gua liat cewek2. hmm mau ya malem2 gini pada dateng, ngikutin acara sampe malem? Malah ada yang sampe dandan abis gitu –dandan ala busana daerahnya- hanya karena mau mentas. Maksud gua, untuk acara semalem ini masih banyak kaum haw
a yang ikutan, bahkan dosen2nya juga ampe PD dan dekan juga ada… apa karena ini bandung?
……malem minggu di bandung….

16 juli 2006. pagi hari
Esoknya. Bangun jam ½ 6. brrr, gak mandi Cuma gosok gigi doang. Selamat tinggal masjid..yang udah membuat gua seolah musafir, tiap pagi dan sore numpang mandi disini trus…
Bandung masih agak gelap dan dingin, walau gak ada kabut. Naek angkot ke stasiun. Sampe stasiun
jam 05.40 nyari ruang tunggunya. Sempet beli roti buat sarapan dan nempelin beberapa stiker titipan ula ke area sekitar stasiun hehe… trus gua nyari Jalur 1. tempat kereta gua akan menunggu, si argo willis.
Eh ternyata udah dateng tuh. Ternyata gua dapet gerbong paling belakang. Sempel nempel beberapa stiker lagi sebelum naek gerbong. Dapet tem
pat duduk nomor 4D. nyari2 ehehe ketemu. Dah duduk nyaman, deket jendela, sampe ada seseorang dateng bersama temannya. Oh ternyata dia temen seperjalanan gua.

Di ruang eksekutif yang dingin disajikan tipi yang memutar klip2 gitu. Lumayan lagunya modern gak kayak di bis2 lampung… s
ekitar pukul 7 kereta mulai berjalan. Meninggalkan bandung yang masih terlelap dingin. Didalem kereta juga dingin, brr… setelah ada pemeriksaan tiket, dateng abang-abang, eh petugasnya. Bawa dorongan berisi nasi goreng dan makanan enak lainnya…
Gua nebaknya itu gak mungkin dikasihin ke penumpang…analisisnya jumlah n
asi goreng itu Cuma sedikit, nasi gorengnya terlihat enak, nasi goreng terbuka tanpa tutup, dan muka petugasnya yang 'mencari'
Jadi gini penjelasannya :
  • nasi goreng Cuma dikit. Jelas gak mungkin buat dibagi2 kan?
  • nasi goreng terlihat enak. Apa iya sih yang bakal di gratisin itu enak?
  • nasi goreng terbuka tanpa tutup. Hal ini melambangkan bentuk ‘promosi’ tu nasi buat para penumpang. Biar tertarik. Terutama bagi orang-orang yang menyadari kalo dia belum makan untuk menghadapi perjalanan panjang ke surabaya yang tadi katanya sampe 12jaman…
  • muka petugas yang ‘mencari’ ditunjukkan dengan mata yang berputar2 (gelo’ dong?..) nyari mangsa. Seolah berkata “ayoo siapa lagi? Siapa lagi? Nasi….nasi…buat di perjalanan…harga perkelanan saja, buat menemani perjalanan bapak-ibu…?”

tiba-tiba ada suara di samping gua “itu buat kita apa beli lagi yah?” ternyata suara dari temen gua di sebelah. Yah bayar lah! Kata gua dalem ati aja… haha ternyata dia juga laper. Sama kayak gua kali. Ya udahlah, kalopun gua harus kelaperan di kereta ini, gua masih punya sisa roti tadi pagi. Kan beli dua. Ples ada aer aqua (walau merknya bukan aqua) segelas yang tadi di bagiin gratis ma petugasnya.



Jam 10an.
Humm bener ya kalo devi dkk dulu naek kereta bawa makanan (nama
nya juga cewek, nalurinya untuk yang beginian lebih bagus dari cowok) bayangin aja 12 jam tanpa makanan berat, duduk doang. Mending kalo dijalan ada asongan masuk. Lah ini kereta eksekutif….? –gua mulai laper-
Eh di tipi yang ada di gerbong ternyata ada iklan makanan2 gitu yang dijual di gerbong. Sialaaan….bikin laper… buat jaga2 gua merhatiin kira2 apa yang bisa gua pesen nanti kalo emang udah lapet banget…waahh kayanya mahal2 deh…

Daripada mikirin perut terus, mendingan gua menikmati pemandangan. Karena naek kereta jadi pemandangannya bener-bener yang pemandangan alam. Bukan 'pemandangan', pemandangan, atau "pemandangan" gitu. Sepanjang jalan yang kebanyakan keliatan ya cuma sawah...dan sawah. Oh indonesiaku...gemah ripah loh jinawi... serasa inilah indonesia yang ada dalam pelajaran-pelajaran SD dulu, negeri yang kaya dan makmur, bentangan alam yang hijau..oh gua terbuai dengan hamparan sawah yang sangat luas sepanjang perjalanan...

inilah mungkin hikmah gua gak jadi pergi malem. Jadi bisa menikmati pemandangan walau cuma sawah dan sawah. Dari sawah yang kering, sawah baru di tanem, sawah mau panen, sawah lagi sekolah, lho?

Ijo semuanya ijo-ijo. Kadang kereta lewat terowongan, kadang lewat rel yang dibangun diatas jurang atau jembaran tinggi gitu...berasa serem juga sih mana sehari sebelum berangkat ada kecelakaan kereta lagi di bayuwangi.

bentangan pohon, pedesaan yang kadang ada orang lewat make sepeda ontel (sepeda gede lama gitu). Pemadangan seperti ini yang hilang kalo lewat jalan tol make bis. Walau kadang bosen juga cuma ngeliatin sawah aja.


Menjelang jam 11an, ada petugas dateng lagi dorong2 kereta makanan gitu. Hmm gua rasa ini lah jatah buat para orang-yang-gak-mampu-beli-makanan-kereta... dan emang bener. Walau makanannya mirip sama ransum rumah sakit, yaah lumayanlah, akhirnya ketemu nasi (kotak warna aluminium itu nasinya). Sepotong daging, sayur tempe+buncis, jeruk ma aer minum segelas.

Perjalanan selanjutnya lebih banyak diisi dengan tidur-baca buku-dengerin lagu-sesekali ngobrol-tidur.ulang-ulang aja begitu terus. sekitar jam 2 kurang 15 nyampe Stasiun jogja (itu di foto ada bangunan khsa jogja, joglo ma' plang depo stasiun joga (yg warnanya biru, kalo gak keliatan). Pengennya sih turun, tapi cuma sebentar, sekitar 10 menit, kereta udah jalan lagi. oh...kangen kereta ekonomi yang kalo berenti, pasti lamaa gitu. mirip bis ekonomi, ngetem ampe pantat keringetan. Jess...jess... kereta jalan lagi. Lewat madiun sempet foto-foto plang stasiunnya. FOtonya seadanya karena motonya dari dalem kereta juga. Kenangan sepanjang jalan adalah pemandangan yang cuma punya satu warna, hijau ! betapa banyak warna hijau. BEda banget ama kalo lewat darat pake mobil. Dimana biasanya ngelewatin jalan-jalan protokol atau kalan tol yang pemandangannya adalah plang iklan, pasar, perumahan, kota dll. Walau kita jadi lebih bisa tau lokasi tapi dengan kereta yang baru sekali ini, gua menikmati apa itu INDONESIA. pemadangannya sih biasa aja gak spektakuler banget, tapi gua suka aja. ijo ijo dimana mana...kayanya negeri ini masih kaya, makmur, gemah ripah loh jinawi dah.. jadi nyadar masih banyak orang yang bertani. Kadang-kadang lewat jembatan tinggi gitu, kadang lewat perbukitan, kadang lewat desa-desa...hum...indonesiaku.. Panduan gua cuma dapet kalo lewatin stasiun. selebihnya gak ada plang penunjuk kota sama sekali. nikmatilah perjalanan dengan kereta api ini.... sekitar jam 6 kereta belum nyampe juga. padahal tadi pagi kata pamugari (??) yang bagi2 makanan, jam 6 uda bisa nyampe.
Baru nyampe di surabaya jam 7.20 Berpisah dengan temen sebangku gua. Dia dijemput sodaranya. Gua sempet bingung, komang nunggu dimana ya ? Nyempetin foto-foto dulu. FOto sebagai bukti otentik,oleh-oleh buat anak-anak kampus. hehe emang segitu penting ya journey gua buat diorang ?

FOto plang surabaya gubeng. Komang? sudah kenal dengan dia ? komang tu temen sma gua. Dia yang berbaik hati akan menjemput gua di tanah asing yang belum pernah gua jejak ini, tempat asing bernama SURABAYA...


posted by Jana @ 4:05 PM  
1 Comments:
  • At Tuesday, August 08, 2006 6:25:00 AM, Blogger Eriek said…

    pengalaman gw naek KA dari TjKrg-Kertapati(Plg) pp, awal setelah kenaikan harga karcis bisnis (kelas standardlah,red) dikasih air mineral gelas per penumpang. tapi, itu tak berlanjut. cuma dikira pelayanan makin bagus aja kalee ya...

    Ntar gw pengin ke Bandung jg lah. dari dulu cuma bisa pengin doang. udah setahun lebih boookk tapi ngga pernah jadi jg ke sono. huehehe....

     
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: Jana
Home: bandarlampung, Lampung, Indonesia
About Me: Huaahaha, fotonya serem ya? ini lagi jajal helm model tengkorak di emol.
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox


ShoutMix chat widget

Links
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER