Sleepy child at Rainy day
Harus ada Hujan sebelum ada Pelangi
19 July 2006
Surabaya. 19 juli 2006. Malem ari. udah 21.43
hehehek... pengen cerita aja. Besok gua udah mau pergi dari kota ini. Pulang kembali ke lampung-ku tercinta... setelah 3hari, ni malem ke4 di kota pahlawan ini.

hmm...cerita apa ya. sebenernya gua pengen nunggu dilampung aja nulis ini, sekalian ditambahin foto2 gitu. tapi gak apalah, cerita tentang malem ini aja, malem terakhir di surabaya. dan mungkin cerita2 laennya bisa ikut mengalir...

jadi gini...malem ini sebenernya gua pengen upload foto2 perjalanan -yang jumlahnya udah 300-an- itu di blog. apalah daya waktu ke warnet terdekat, warnetnya make window 98!! oloh ma jank... lagi desperate gitu, 'sesuatu' membuat gua harus kembali ke kosan, membuka pintu kamar kos dengan kecepatan penuh, dan dengan muka mesem2 dikit, permisi ma bapak kos yg lg bediri deket pintu, dan BLAM! renungan klocet...ah...lega.

udah itu, gw jd gak pengen keluar dari kosan. Walau godaan untuk mencari tahu campur dan bebek goreng (yg katanya murah) sangat kencang...
KEtika akhirnya gua batuk2, karena obat nyamuk bakar di kamar semakin menggila asapnya, hmm gua merasa itu waktunya gua keluar. Jalan2 dah...

Yang pertama adalah mencari tahu campur disekitar kosan. Gak ada. Lalu jalan sebaliknya kearah UNAIR, mencari wartel, nelpon si tembem...hehehe... trus nyari penjual Bebek goreng yang tadi di tunjukkin komang. Sayang udah abis...

Nah, dalam perjalanan mencari bebek goreng itulah gua ketemu warnet ini. Keren banget, monitornya pake model LCD gini! ini pertama kalinya gua make komputer dengan monitor beginian...kesian amat ya orang2 sumatra....Udah gitu tempat duduknya nyaman lagi. Enak aja kalo lama2 disini.

dan ternyata warnet ini make window XP! dan gua gak bawa tu kamera karena tadi gua pikir gak akan ketemu warnet sebagus ini...SIAlan....jadi gak bisa upload/posting foto...
ya udah paling besok2 aja. Sekalian di edit2 dulu fotonya...huu padahal bagus2 tuh hekhek...

ya itu tentang malem ini. lalu
Hmm...tentang perjalanan ini.. gua mau cerita dikit ah.

tadi gua inget memori masa kecil. Waktu jaman itu, pergi ke jakarta merupakan sebuah kemewahan. Prestis nya lumayan gede. Jika ada keluarga kita, entah paman atau sodara gitu yang ke jakarta, pasti info rame beredar, "si anu kejakarta loh..." padahal kalo dipikir2, apa penting ya?
Misalnya ada sodara yg ke jkt, yang ada dalam pikiran gua waktu itu biasanya "wuiih...dia kejakarta"
trus setelahnya ngarepin oleh2. Jadi dulu tu ada tradisi kalo ada yang ke jakarta, pulangnya kudu bawa oleh2 buat anak-anak sodaranya. Dulu gua suka dikasi makanan kalo ada sodara yang dari jakarta, tempat elit yang jadi impian manusia2 kecil disebut anak2. Begitu juga kalo mak gua pergi ke jakarta, begitu dia pulang gw pasti SENEEENG banget untuk nyari oleh2nya. Dan emak gua jg kudu bawain oleh2 buat sepupu2 gua. Jadi ntar gantian gitu, kalo mak2 diorang ke jkt, gantian ngasih oleh2...Sampe sekarang masih ada toples merah bekas dulu dibeliin permen2 gitu sama mak gw...rasanya menarik sekali...

Nah, sekarang gua pergi sendirian sejauh ini! sekitar 3000km dari lampung. Hmm..kalo jaman sekarang kayaknya biasa aja. Karena media transportasi udah lancar, banyak dan bisa dikatakan lebih murah. Mungkin kalo jaman dulu udah hebat banget yah?
Gua mikirin...apa ya artinya perjalanan ini di kemudian hari ? atau yang paling deket bagi keluarga gua sekarang.

Kalo gua meliat ini sebagai bagian dari hidup aja. Ada sedikit semacam keharusan sih, bahwa gua harus pernah menjelajah daerah laen, menemukan hal-hal baru, membuka pikiran, menambah wawasan, membuka cakrawala, membuktikan kalo daerah laen itu memang ada dll. Dan itu lebih asik gua lakuin tanpa orang tua. Bukannya tidak memperhitungkan mereka, cuma apa yang gua alami dengan mereka selama ini gak mendidik. Terlalu enaklah. Kalo sama mereka mungkin gua gak akan ngalamin gimana rasanya naek bis ekonomi dari merak sampe bandung selama berjam-jam. Biasalah orang tua model gitu, susah diajak susah. padahal dulunya mereka juga orang susah.

ya enak aja kalo pergi sendirian atau sama temen. Serba ngirit. Kadang aneh2. Kayak ke daerah 'terlarang'. masa mau sama orang tua ? lagian kalo sama mereka juga cuma jadi buntut aja kemana-mana. makmur sih makmur. gitu.

Jadilah gua menikmati perjalanan ini. Walau pada awalnya, sampe h-1 gua masih gak tau ini bakal jadi apa nggak, bepergian seorang diri ke bandung trus ke surabaya, sendirian. Tapi gua pikir, kalo gak dipaksain mungkin gua gak akan pernah sampe surabaya. Mau nunggu apa? gua cuma manusia biasa, bukan orang yang bakal jadi utusan ke daerah2, bukan pejabat yang bisa jalan lintas daerah kapan aja, bukan juga supir kereta api surabaya-bandung yang bisa tiap ari bulak-balik kemana-mana. Akhirnya sedikit memaksakan diri, gua nekatin berangkat... dan perjalanan dimulai...

Di kereta habib nanya berapa dana yang gua pake buat pergi ini. Hmm? penting ya bib? Gua aneh aja denger pertanyaan itu. dana yang gua bawa awalnya 500. Itu dr nebok tabungan gua (hiks...) abisnya dana dari rumah sampe gua berangkat (tgl 12) belum dateng2-biasanya dikasi di awal bulan. Memang di tengah jalan, waktu bokap tau gua pergi, akhirnya ngasih juga. nah itu sebenernya buat jadup gua bulan juli sampai bokap ngasih lagi dibulan agustus.

Oya, kenapa bokap telat taunya ? jadi ceritanya sampe h-1 gua memang belum bilang.soalnya kalo rencana ini gak jadi, lalu udah nyampe beritanya ke kuping orang rumah...bisa terjadi sesuatu YANG BENER2 GAK DIINGINKAN. Sampe akhirnya gua berangkat, gua sms ja tu si agus, kakak gua. Eh ternyata hp dia layarnya rusak, jadi smsnya gak ke baca. Baru hari ke2 bokap tau dan nelpon, nanya kabar gua. Jangan panik ah, buat apa ada temen. Ya, akhirnya di bandung gua minep selama 3 hari di jumpa. persma nya unpas.

Kenalan ma anak2 Jumpa pas ikut PJLTN di Lembang, april 2005. Dari situ gua dapet temen2 yang asik2, dan memberi gua berkah, bahwa gua punya tempat minep gratis kalo ke bandung. hehehe... mau tau tentang jumpa ?
klik disini Thanks banget dah buat anak2 jumpa yang udah bersedia nemenin gua 3 hari 3 malem di bandung... Disana gua bisa menikmati malem minggu sambil nikmatin acara lembu kuring (acaranya anak2 FKIP unpas). Waaah serasa punya keluarga baru !....

Kembali ke cerita masalah dana. Nah dengan dana segitu saya mulai berjalan. Cukup kok. Seperti yang pernah gua jelasin sebelumnya. Ya untuk belanja buku di ultimus, sementara buku belum gua bayar, baru pesen aja. Nti kalo udah di lampung cari duit lagi buat bayar tu buku2... hehe... oya, bagi yang belum tau, mulai beberapa waktu yang lalu gua dikit2 usaha jualan buku... untungnya memang masih dikit, cuma gua seneng aja bisa bantuin temen2 gua dapet buku2 murah...dan mudah2an bisa tetep murah...


Yang bayar kontan paling pas nyari buku di -surga buku bandung- palasari. Whoaaa Banyak banget toko bukunya !sayang gak gua foto. . Ada satu toko -yg dimana akhirnya gua beliin buku buat riski- yang gede dan bukunya banyak banget! bahkan buku2 lama juga ada walau gak banyak...dan hebatnya lagi buku2 di sini nih diskonnya paling kecil 25%! rata2 malah 30%. Waaah jadi pengen buka beginian di lampung... kira-kira ada pembelinya gak ya?

hmm udah panjang juga nih cerita gua. Tadi perasaan masih ngomongin dana. Oya, trus emang kebanyakan duit itu kepake buat beli buku dan buku dan buku. Gua aja sampe bingung membatasi diri untuk tidak membeli buku terlalu banyak. (nanti ada lagi cerita tentang buku waktu gua disurabaya) Selanjutnya dananya masih cukup untuk biaya ke surabaya walau mepet. Tiket kereta eksekutif ke Sby seharga 200 ribu sudah ada ditangan tgl 15 sore. Gak pengen naek yang kelas umum, karena gua pengen cepet nyampe surabayanya... masih banyak yang pengen dicari. padahal sih kalo naek umum pasti lebih banyak ceritanya... nti lah ya kapan2.

Hayoo udah berapa kira2 duit yang gua abisin? yang masih sisa di kantong? hehe itu masih misteri ampe sekarang,, karena gua gak ngitung juga waktu itu sisanya berapa. Yang jelas masih cukup kok...
Dan gua memulai petualangan di surabaya....(bersambung)
posted by Jana @ 9:45 PM  
1 Comments:
  • At Saturday, July 22, 2006 8:51:00 PM, Blogger Eriek said…

    weeiiihh,...abiz dari Surabaya. gw kangen banget bisa ke sana lagi. dah hampir stahun bok. ramenya, panasnya, makanannya, kangen smuanya.
    Ok sip,..gw pasti ke sana. Ehm, kapannya itu ngga tau. Huehehe..

    Salam,

    Eriek

     
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: Jana
Home: bandarlampung, Lampung, Indonesia
About Me: Huaahaha, fotonya serem ya? ini lagi jajal helm model tengkorak di emol.
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox


ShoutMix chat widget

Links
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER