Sleepy child at Rainy day
Harus ada Hujan sebelum ada Pelangi
29 November 2006
Baik buruk ? sebenernya dikepala gua sendiri gak ada deskripsi atau batasan yang jelas antara baik dan buruk. Apa itu baik atau apa itu yang disebut buruk. Kalaupun ada standarnya, pasti akan berbeda dengan apa yang ada dikepala teman-teman gua atau siapapun disekitar gua. Itu pasti.

Nah tapi sekarang gua pengen nulis tentang baik dan buruk sesuai pandangan gua sekarang. Begini.

Gua pernah ngomongin temen gua yang lagi ngedeketin temennya. Gua bilang sama dia, “sabar aja. Usaha terus. Cobalah jadi orang baik” yang langsung di bales ma dia, “emang gua orang jahat?!”

Baik maksud gua itu adalah jadi orang yang bisa peduli ma orang laen. Mau nolong orang laen siapapun itu. peka sama orang misalnya temen lagi susah jangan diganggu. Jadi orang yang nggak nyusahin, nggak destruktif, nggak vandal, nggak ngerusak alam, nggak kejem sama binatang. Kadang gua merasa aneh ketika ada orang berlaku “jahat” disekitar gua. Misalnya maksa-maksa temen sendiri untuk melakukan sesuatu yang dia gak suka ngelakuin, nyiksa binatang, buang sampah seenaknya, suka ngerusak barang orang, dan melakukan hal-hal yang mengganggu kepentingan orang banyak dengan sengaja-tanpa bersalah dan bodohnya lagi, merasa bangga dengan itu semua. Misal ngebut pake motor dengan suara knalpot yang berisik banget,metik tumbuhan langka buat koleksi, ngebunuh binatang langka untuk dijual/koleksi, nebang pohon-pohon peneduh. Gua bener-bener marah ngeliatnya. orang-orang tolol tanpa peradaban. Mereka kira dunia akan memuja mereka dengan melakukan hal-hal “jahat” semacem itu. orang-orang yang mengganggap akan mendapat stempel “keren”, “gaul”,”terhormat” dengan tindakan-tindakan bodohnya.

Nah, gua udah ngebuat standar 'baik' itu sendiri tanpa sadar.

Ribet juga emang kalo mau bilang bener-salah kayak gini. Hitam-putih. Hitam sering dianggap jahat, putih stereotip baik. Orang kulit item itu jelek, kulit putih itu baik. Kenapa ya? Apa karena hitam itu identik dengan orang kulit hitam afrika yang “tidak berperadaban” dan primitif? Sampe dulu gua pernah baca ada kampanye ‘black is beauty’ di Amerika. Kalo mau ditelusurin emang panjang nih. bisa bawa-bawa teori agenda seting, diskriminasi ras, sejarah kolonialisasi, perjuangan ras dll.

Udah ah, gak usah banyak-banyak. Gua Cuma heran aja kenapa banyak orang-orang yang udah punya “kebenaran” tapi masih ngelakuin hal yang “tidak benar”. Orang-orang yang udah tau “benar” atau “salah” tapi masih tetep suka ngelakuin hal “salah” dan sulit ngelakuin yang “benar”. Kalo gini terus gua kasian ma binatang-binatang, pepeohonan, dan orang-orang yang Cuma jadi maenan “kebenaran”.

Kenapa orang baik susah ditemuin? Kenapa orang baik sering cepet pergi?
posted by Jana @ 8:15 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: Jana
Home: bandarlampung, Lampung, Indonesia
About Me: Huaahaha, fotonya serem ya? ini lagi jajal helm model tengkorak di emol.
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox


ShoutMix chat widget

Links
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER