Sleepy child at Rainy day
Harus ada Hujan sebelum ada Pelangi
12 November 2006
“pengen ngebuktiin aja kalo surabaya itu ada”

Hehe, ni cerita di surabaya, 17-20 Juli 2006. aktor dalam cerita ini adalah saya, komang dan said. Komang, adalah teman saya SMA. Dan said adalah “teman dekatnya” komang.

Nyampe di Stasiun Gubeng Surabaya jam 19.20 dijemput Komang dan Said. Naek mobilnya komang ke kos. Oya, disini gua tinggal dalam kamar kos. Harga sewanya 20ribu semalem. Nominal akhirnya gua kena 95ribu. Kamar kosnya deket rumah sakit. Jadi sebenernya tempat itu buat keluarga pasien yang butuh tempat bermalem gitu. Jadi kamarnya agak bau-bau obat. Aga-aga gothic… bayangin lah lu tidur ditempat asing, baunya bau rumah sakit, tidur sendirian…amin.

Sempet jalan bentar ma komang and said makan malem. Ditawarin komang mau jalan2 ga? Berhubung udah cape dan bosen di kereta seharian, gua menyambut baik tawaran itu. jalan-jalan keliling kota Surabaya di waktu malam. Sambil nanya-nanya tentang lesbian disana.

Ternyata sangat sulit mencari keterangan tentang lesbian disana. Selain gak terbuka layaknya kaum gay, ada temennya komang yang sampe diancem gara-gara dia sempet tau tentang lesbian. Diancem supaya gak cerita3 gitu. Gua jadi bingung, jadi gimana dong dengan tujuan gua kesini? Gua kan mau nyari komunitas lesbian, yang katanya kalo di Surabaya itu udah lumayan terbuka layaknya kaum gay. Ternyata itu asumsi salah.

Gua pulang dan tertidur dengan rasa agak2 gothic…

17 Juli 2006.
Bagun jam 7 pagi. Janjiannya jam 9 ma komang. Hari ni rencananya mau ke UNAIR. Surabaya cerah banget. lebih ke Panas udaranya. Sempet sarapan nasi pecl didepan gang, trus ke UNAIR. Ternyata gak jauh2 amat dari kosan tadi. Sekitar 500meter ke arah kanan dari keluar gang. Gua sempet nyari Simbol UNAIR. Kalo di unila kaya Tugu nya gitu, eh ini gak ada. Masuk UNAIR Cuma disedian Plang biasa aja bertuliskan “UNIVERSITAS AIRLANGGA”

Ke FISIP UNAIR. Sembari liat-liat, sambil sesekali nempelin stiker/ipis dari Ula & gambar…. Sebagai ‘tanda’ dari gua. Hiihi norak yah? Udah tu masuk ke ruang jurusan komunikasi UNAIR. Sempet ragu, soalnya gua Cuma pake sendal. Ketemu bu Lies yang ternyata temennya Pak Teguh (dosen KOM UNILA) waktu sama-sama kuliah di UNPAD. Cieee…jangan-jangan kecengannya nih…

Sialnya, perpus FISIP lagi libur, libur Bulan Juli…akh…DAMN. Katanya kalo mau nyari judul2 skripsi kom, di situsnya aja. Gua sempet ngerekam judul2 skripsi mahasiswa kom sana yang lagi mau ujian kompre. Judul2 itu di pajang dalam bentuk print out di madingnya jurusan kom.

Dimading ini gua juga sedikit ‘membaca’ kegiatan kom UNAIR. Keren-keren pamfletnya. Dari situ gua tau nama mata kuliah periklanan di sana bukan ‘periklanan’ tapi dinamai “KREATIF” hebat yah? Dan yang buat beberapa pamflet yang rada nggak biasa itu ternyata dosennya. Jadi ada yang make font aneh2, atau agak2 lucu gitu. Sayang gua gak nyampe Sekret HMJ kom nya. (iya, gua baru inget pas nulis ini, kalo gua gak sempet mampir di sekretnya, bahkan gua gak tau HMJ kom nya disana ada apa nggak?? Lagian kalo ketemu, emang gua mau ngapain ya?)

Jam 10 kurang, setelah memastikan diri gua gak bisa dapet judul2 tambahan yang lebih banyak, nunggu Irfa di depan fak psikologi. Irfa? Tentu pembaca setia bertanya-tanya, siapa Irfa?

Irfa itu sepupunya ula. Ula itu temen saya yang kecil. Ah udah sekarang kita bahas irfa dulu. Jadi pas gua dilampung si ula nitip pesen : “nanti di surabaya tolong ketemu ma Irfa. Dia mau balikin buku diary gua yang kebawa dia tapi belum sempet dipulangin, udah 4tahunan gitu. Irfa itu orangnya putih, cantik, pokoknya cantik kayak model” WAAA?? THAT Will BE Great! Hehehek. Gak lama munculah sosok seorang gadis yang gua kira itu irfa.
Eh bener, dia bawa bungkusan plastik yang dislasiban rapet banget. gua sempet moto dia hekhekhek… orangnya agak kecil. Dia nanya2 tentang gua gitu…(BOONG…) nanya2 tentang lampung. “Udah lama irfa gak ke Lampung” begitu katanya.

Sudah selesai menjalankan amanah, sama komang dan said, jalan-jalan surabaya. (JJS). Menuju monumen ‘surabaya banget’ yaitu patung buaya dan hiu yang terkenal itu loh. Yang tadinya gua pikir ada ditengah kota, gak taunya nggak. Malah adanya didepan kebon binatang. Jadi malah kayak simbol kebun binatang gitu…

Dengan tiket @ 10ribu, gua dapet akses masuk bonbin. Dideket loket tiket ada penjual kacang. Gua pikir mau beli buat sambil makan di jalan nih. Eh abangnya bilang :
“kacang mas, buat monyet”
Kupret, mana bilangnya pas gua udah mastiin beli tu kacang.

Di bonbin sempet liat macan tutul lagi hamil, kuda nil pacaran, dan binatang2 laennya. Trus dari situ, sekitar jam 1 siang, ke biro tiket, mesen tiket untuk tanggal 20.
Abis beli tiket, jalan2 lagi ke THR. Ini tempat yang sering gua liat di tabloid pc plus, tempat yang sering dipake buat workshop komputer. Tempatnya agak kumuh dan sepi. Padahal namanya THR mall. Disini sempet beli plesdis kingston 512. lumayan buat dijual lagi. di THR makan siang, nasi gotreng sosis. Enak ? Biasa aja.
Terus…jalanjalan lagi. kali ini menuju Blauran. Suatu pasar dengan bagunan-bagunan lama. Kesannya agak semrawut. Rame. Pasar lama gitu. Perasaan bernostalgia mulai muncul. Seolah-olah sedang berada mundur beberapa puluh tahun. Masuk-masuk kedalem nyari toko bukunya. Aga gelep. Menambah kesan eksotis. Gua ngebayang jangan-jangan ini dulu tempat tinggal meneer2 Belanda. Apa gak bekas tempat tentara RI bersembunyi? Huuu dramatis.
Nyari2 buku pesenan habib gak ada. Toko bukunya campur ma penjual makanan, jual barang2 elektronik, maenan2. rame yang jualan ditengah suasana gelap dan kuno. Sampai akhirnya disuatu sudut yang agak lebar gua bertemu dengan apa yang gua cari-cari….....

Eng ing eng…bersambung….
posted by Jana @ 3:44 PM  
2 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: Jana
Home: bandarlampung, Lampung, Indonesia
About Me: Huaahaha, fotonya serem ya? ini lagi jajal helm model tengkorak di emol.
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox


ShoutMix chat widget

Links
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER