Sleepy child at Rainy day
Harus ada Hujan sebelum ada Pelangi
29 November 2006
Waktu pulang kampung kemaren2, bokap ngomong “kenapa sekarang ini banyak bener pelem hidayah-haji-agama-agama begini lah di?”

Hmm…ini panjang ceritanya. Gua Cuma jawab dikit “lagi laku kali yang begituan”

Setau gua begini. Dulu tu kalo mau ditarik agak jauh, mulai dari Kismis yang ditayangin RCTI. Seinget gua itu jaman gua SMA. Terus mulailah marak film-film dengan genre sejenis. Televisi rame-rame nayangin acara mistis. Produser untung besar. Maka mereka makin berlomba-lomba untuk membuat acara serem/horor. Dari yang karangan alias bohong-bohongan, sampe yang (agak) beneran sampe gak jelas lagi itu boongan apa beneran.


Namanya acara TV, biar laku kan bisa aja di seting. Gak percaya ? apa aja bisa diseting untuk menjadi sebuah acara yang menarik dan laku. Misal, acara WCW. Itu kan ada skenarionya. Si ini harus gimana, si ono menang/kalah (gua pernah baca ini di media massa, beneran) Terus acara polisi-polisian yang ada adegan polisi ngejer penjahat trus diringkus. Ini juga gua taunya dari baca koran. Katanya emang kadang tuh maling sengaja dilepas biar ntar di ubaer-uber lagi. malah kalo malingnya ngelawan kalo ingin kaburan beneran pas mau ditangkep kan bisa lebih seru lagi. bisa di DOR ditempat.

Kembali ke acara hantu. Pernah kan nonton acara hantu yang hantunya terlihat meta fisik (artinya fisiknya nggak keliatan meta-tidak terlihat fisik/bentuk fisik. Kira2 begini terjemahannya) NGGAK KELIATAN. Iya nggak keliatan, Cuma penonton dibuat percaya sampe percaya banget kalo kamera itu lagi nyorot hantu yang gak keliatan. Udah dibilang tadi diatas, semua adegan TV bisa di seting, di edit.

Walau banyak adegan yang sifatnya “percaya gak percaya”. Tetep aja laku. Sama kayak majalah misteri yang laku walau ceritanya susah mau dipercaya. Orang-orang indonesia memang lebih takut ma hantu daripada ma Tuhan. Teruuus…dari acara-acara sejenis hantu-hantuan gitu, mulai bergeser ke jenis dimana tetep pake hantu, Cuma mulai muncul adegan ‘battle’ Yaitu adegan –biasanya- kyai ngalahin hantu yang mengganggu manusia. Heran, kenapa nggak pendeta atau rahib atau apalagi gitu yang laen?

Singkat masa, mulai bergeser lagi ke pelem yang kita sebut saja pelem hidayah-hidayahan. Kalo gak salah salah satu pionirnya itu acara 'misteri ilahi'. Ditayangin di Tutut Punya tIpi. Dan sampe sekaranglah acara-acara itu eksis. Gua pikir orang-orang yang agamanya sama dengan yang disimbolin disitu juga suka dengan acara itu. makanya gua agak kaget waktu ada temen gua yang ngeluhin tentang acara-acara begituan yang udah mulai nganeh-nganeh.

Salah satu hasil survei gua (dilakukan dengan lisan kepada beberapa subjek dikampus) memberi jawaban berbeda-beda mengenai persepsi mereka tentang acara begituan. Ada yang bilang malah takut ma agama, ada yang merasa di boongin, ada juga yang beneran jadi patuh ma agamanya.

Tapi semakin lama yang gua tau, mereka yang agamanya sama juga mulai jenuh di cekokin tontonan begituan (kenapa di cekokin, karena emang tu acara banjir di hampir setiap stasiun TV swasta) Yang tetep antusias ya paling orang-orang –maaf- dengan tingkat pendidikan menengah kebawah, atau dengan tingkat rasionalitas agak rendah.

Gua sendiri merasa ketika suatu ketika menonton acara itu, acara begituan tu sangat berlebihan. Bahkan cenderung menghina agama. Kayak adegan orang maki-maki orang yang lagi mau beribadah. Kasar banget kan? Tapi karena ujung-ujungnya orang yang maki-maki itu kena azab, kutuk, sakit atau apalah pokoknya pasti ekstrim, maka makian dan hal-hal jahat yang dia lakukan tidak mendapat bekas di penonton. Penonton cuma diberi kesimpulan bahwa yang begitu tu pasti kena azab, kutukan, sakit.

Gua heran juga, sampe sekarang belum ada tuh ormas atau apalah orang sejenis yang biasanya berkoar-koar kalo ada misal majalah playboy terbit, yang protes atas kata-kata kasar dalam film yang menghina agama. Mungkin mereka lebih suka bagian akhir ketika si terkutuk itu kena akibatnya. Rasa yang ada adalah bahagia dan bersyukur ketika sang tokoh jahat hancur lebur kena penyakit.

Lagian emang sinetron indonesia juga sukanya ekstrim banget. kalo baek keliatannya “putiiih” banget. kalo udah tokoh jahat, pasti “jahaaat” banget. padahal gua yakin seyakin-yakinnya, gak ada itu 100% hitam atau 100% putih. Manusia itu abu-abu. Dasar penonton indonesia sendiri baru ngerti kalo udah dikasi tontonan yang ekstrim, jadilah acara-acara begituan bertahan lama… sedih.

Orang-orang bodoh. Munafik. Berasionalitas rendah. aaargh banyak banget kalo mau mencerca orang lain disini.
posted by Jana @ 7:53 PM  
1 Comments:
  • At Tuesday, December 19, 2006 2:42:00 AM, Blogger Unknown said…

    Hai... Wah, akhirnya mampir juga ke blog-nya K'Jana... Tulisan2nya keren2 deh! Salut. Jadi pengen ikutan nulis nih, walaupun cuma sekadar di comment aja.

    Hm, org bodoh, munafik, tingkat pendidikan rendah (terbelakang, pen.), Berrasionalitas rendah, emang ada di mana2. Sy sepakat. Dan itu berlaku buat semua umat manusia. Apapun agama mereka.

    Agama, di sini jadi titik tekan, bahwa memang film itu berlebihan, dan bukan rahasia lagi tayangan seperti itu notabene-nya agama Islam. Dan film, dimana imajinasi dan daya khayal tinggi bisa terwujud dan terjadi, membentuk frame berpikir masyarakat 'kebanyakan' memandang Islam sesuai dengan yang dilihat. (Pake ilmu 'seeing is believing').

    Sy juga gak pernah denger ada ormas2 yang demon untuk hal itu, sebagaimana demon untuk film2 amerika sana. :)

    Ya intinya sih, terkadang kita memang perlu menyaring apa yang kita lihat, dengar, dan rasakan. Dan hal yang paling murni dari ketiganya adalah merasakan. Seperti, apa yang orang laen bilang tentang kita, belum tentu benar menurut mereka. Karena yang tau selukbeluk denyut nadi darah kita, ya kita sendiri. Sebagaimana orang2 menilai air kopi lewat sudut pandang luar gelas. Padahal mungkin saja dalamnya hambar, atau justru kemanisan, atau justru bukan kopi. Dan yang tau hanyalah mereka yang tercemplung ke dalam gelas itu.

    Tetap semangat menulis! Karena dengan tulisan aku mengubah masyarakat, dan dengan masyarakat aku mengubah dunia. n_~

    Tetap Semangat!
    Salam.

     
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: Jana
Home: bandarlampung, Lampung, Indonesia
About Me: Huaahaha, fotonya serem ya? ini lagi jajal helm model tengkorak di emol.
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox


ShoutMix chat widget

Links
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER